Penangan Awal Luka Bakar

Penangan Awal Luka Bakar

Banyak orang masih salah dalam penyembuhan luka bakar. Padahal yang sering terjadi mengikuti intruksi dari tetangga atau saudara belum tentu tepat, dan justru dapat membuat luka menjadi lebih parah. Berikut beberapa penanganan yang salah, yang masih banyak  di terapkan untuk luka bakar:

  • Mengoleskan minyak, kecap, atau mentega dapat mengurangi panas
    Mengoleskan minyak atau mentega justru akan membuat panas menyebar sehingga area tubuh yang terkena luka bakar akan menjadi semakin luas. Pengobatan seperti ini sering pada orang awam.
  • Mengoleskan odol atau mengompres dengan es batu
    Pengobatan luka dengan odol pada kasus luka bakar tidak memberikan fungsi apapun dan bahkan kandungan pewarna kimia yang terdapat dalam odol dapat meningkatkan potensi terjadinya infeksi, sedangkan es batu dapat mengakibatkan pembuluh darah berkerut disertai dengan terjadinya perubahan suhu yang drastis sehingga akan memperlambat penyembuhan luka.
  • Membersihkan luka bakar dengan alkohol
    Luka bakar sebaiknya tidak diobati dengan menggunakan alkohol. Rasa nyeri dan panas yang terjadi akibat pembersihan dengan alkohol akan semakin memperparah luka bakar. Jadi jangan salah dalam penangan pengobatan luka.
  • Memecahkan gelembung cairan pada luka bakar akan mempercepat penyembuhan
    Sebaiknya tidak dilakukan, karena dapat menyebabkan infeksi pada luka bakar. Intinya pengobtan luka yang tepat mengurangi rasa nyaman nyeri saat beraktifitas.

 

 

Penyembuhan luka bakar

Luka bakar dapat mengakibatkan kondisi yang berbahaya seperti infeksi, kekurangan cairan dalam jumlah banyak, turunnya suhu tubuh secara drastis sehingga syok. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan luka bakar secara tepat.

Untuk menangani luka bakar Derajat Satu dan Derajat Dua, ikutilah langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengatasi peradangan luka yang muncul
    Caranya tentu saja bukan dengan mengoleskan yang seperti di atas yang sudah di sebutkan, melainkan pengobatan luka dengan membersihkan luka bakar dengan air mengalir selama sekitar 20 menit agar panas tidak menyebar ke bagian lain. Ingat, air tidak boleh terlalu dingin karena dapat mengganggu peredaran darah.
  2. Mengobati luka bakar
    Setelah di cuci luka maka oleskan salep untuk mengobati luka bakar. Jika terdapat bula atau lepuhan, buang cairan pada lepuhan dengan spuid namun biarkan kulit lepuhannya. Kemudian untuk pengobatan luka tutup luka bakar menggunakan dressing yang nyaman dan mengurangi nyeri, .
  3. Mengatasi rasa nyeri luka
    Untuk mengurangi nyeri biasanya kita anjurkan untuk minum obat pereda rasa nyeri yang dapat dibeli secara bebas, seperti parasetamol dan ibuprofen. Kalaupun sudah mendapat resep dari dokter maka di kondisikan saja.

Untuk pengobatan luka bakar, terutama dengan kulit mengelupas atau timbul gelembung berisi cairan, bawalah penderita ke moistcare.clinic untuk penanganan lebih lanjut. Perawat akan membersihkan luka bakar dengan sabun khusus luka (tidak perih untuk luka? lalu memberikan salep luka bakar untuk dioleskan pada area luka bakar, terutama luka bakar yang terbuka.
Penyembuhan luka bakar 1

Untuk luka bakar dengan derajat yang lebih tinggi, usahakan untuk menutup luka dan memposisikannya lebih tinggi dari jantung. Setelah itu, segera larikan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Terima kasih, Semoga infonya bermanfaat.

Alangkah senangnya melihat sikecil dapat beraktifitas kembali dan sembuh lebih cepat.

Hubungi kami jika keluarga anda, ada yang terkena luka bakar.

Terima kasih atas kunjungan anda ke web kami, jika membutukan bantuan  atau berkonsultasi terkait:

#pengobatan luka diabetes

#perawatan luka bakar

#penyembuhan luka operasi

Silahkan klik tombol WhatsApp samping kiri..

Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Konsultasi