Bisa jadi Fatal jika luka salah pengobatan..!!!  

Bisa jadi Fatal jika luka salah pengobatan..!!!  

Bagaimana cara yang benar ?

Pernahkah terjatuh dari motor atau sepeda karena kecelakaan? Biasanya setelah jatuh, tubuh Anda akan mengalami luka-luka. Luka ini harus dibersihkan terlebih !!!

Jika Anda menunda, hal ini bisa jadi masalah di hari berikutnya. Karena beriko terjadi infeksi pada luka, membersihkan luka menjadi bagian penting. Infeksi bahkan dapat menyebabkan kematian maupun menambah luka menjadi lebar. Lalu bagaimana cara yang benar untuk membersihkan luka? Simak artikel ini……!!!

Jangan bersihkan luka sembarangan

Luka pada kulit harus dibersihkan secara menyeluruh untuk mengurangi risiko infeksi dan untuk mencegah adanya jaringan parut, agar proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Sebelum membersihkan luka, darah bisa dihentikan dengan cara menekan atau menutup bagian luka tersebut. Namun apabila perdarahan belum berhenti, segera cari bantuan medis darurat.

Yang sering terjadi di masyarakat  sering di cuci dengan cairan PK, ataupun di cuci bersih setelah itu di beri betadin. Yang di perlukan pengetahuan untuk masyakarakat adalah edukasi penangan yang tepat pada area yang terjadi luka, sehingga cara pengobatan luka tepat

Cara Membersihkan luka yang tepat

Apabila tidak bisa segera pergi ke dokter ataupun kejadian darurat, ada baiknya Anda mencuci atau membersihkan luka tersebut selama kurang lebih 5 hingga 10 menit dengan menggunakan air bersih yang mengalir( bisa dengan air mineral).

Untuk perdarahan yang ringan atau untuk membersihkan luka yang tidak terlalu berat, Anda harus menghentikan pendarahan yang terjadi dengan kapas atau kain bersih yang steril.

Untuk luka yang kotort, Anda bisa menggunakan pinset yang sudah disterilkan. Anda bisa mensterilkan pinset dengan alkohol atau obat antiseptik khusus luka. Pada saat membersihkan luka, sebisa mungkin jangan mendorong pinset ke dalam luka.

Kemudian, cuci luka dengan air. Jika memungkinkan, gunakanlah air mengalir yang bisa menghilangkan kotoran dan bakteri. Anda juga bisa pakai sabun yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia seperti pewangi atau pengawet.

Gunakanlah air dengan tekanan sedang, misalnya air keran. Mencuci luka akan membantu menghilangkan berbagai kotoran, bakteri, dan dapat mengurangi risiko infeksi.

Bersihkan secara perlahan luka tersebut dengan menggunakan air, sabun khusus luka dan kassa. Menggosok luka terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan meningkatkan kemungkinan luka melebar. Selain itu, menggosok luka yang terbuka dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Berikut petunjuk cara membersihkan luka Anda:

  • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun khusus luka (jika punya) dan air mengalir jika tidak tersedia gunakan air minum mineral
  • Gunakan sarung tangan medis sebelum membersihkan luka.
  • Jika memungkinkan, orang yang memiliki luka untuk membersihkan lukanya sendiri.
  • Membersihkan luka dengan tangan kosong (tanpa sarung tangan medis) untuk membersihkan luka.

Lalu bagaiman jika tidak kunjung sembuh

Dalam kasus ini harus berkonsultasi dengan tenaga kompeten dan di rawat sesuai dengan kondisi luka.

Namun, pada intinya, jika Anda merasa khawatir dengan luka Anda, sebaiknya segera kunjungi layanan kesehatan terdekat.

Pengobatan luka diabetes, Perawatan luka

Lindungi luka anda

Jika Anda ingin melindungi luka agar tidak mudah kotor atau terkena bakteri, ada baiknya Anda menggunakan pembalut luka yang steril dan bersih. Pembalut luka atau perban tersebut harus dipasang dengan berhati-hati.

Peringatan

  • Penggunaan kapas untuk luka sudah tidak di anjurkan lagi, karena menempel pada luka
  • Pemnggunna cairan PK (Permanganas Kalicus) tidak di rekomendasi untuk luka
  • Revanol juga sudah tidak di rekomendasi lagi

Terima kasih kunjungan anda ke web kami, jika membutukan bantuan terkait

#pengobatan luka diabetes

#perawatan luka bakar

#penyembuhan luka operasi

silahkan klik tombol WA samping kiri..

Leave a Reply

Open chat
1
Hubungi Kami Untuk Konsultasi